Deskripsi Mata Kuliah

DESKRIPSI MATA KULIAH D3 MANAJEMEN RETAIL
KEPABEANAN/EKSPOR IMPOR 3 SKS
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang Ekspor-impor dalam proses perdagangan internasional, Terminologi, prosedural dan tehnikal hal-hal yang terkait dengan Ekpor-Impor, Dokumen-dokumen dan fungsi serta aplikasi dalam praktek, Larangan dan Pembatasan dalam Ekspor-Impor
KEWIRAUSAHAAN 2 3 SKS
Mata kuliah menjelaskan mengenai bidang kewirausahaan, entrepreneur. Mengembangkan mental dan pola kerja pribadi seorang wirausahawan, jiwa kepemimpinan, manajemen resiko dan pengawasan serta bagaimana mengindentifikasi peluang dalam usaha baru.
MANAJEMEN DISTRIBUSI 3 SKS
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang saluran distribusin, konsep dasar distribusi, strategi yang digunakan dalam distribusi produk, perbedaan lingkungan pasar konsumen dan pasar bisnis, STP (segmentasi, targeting, dan positioning) serta bauran pemasaran sehingga mampu memahami konsep dasar pemasaran secara keseluruhan.
MANAJEMEN LOGISTIK & SUPPLY CHAIN 3 SKS
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang persediaan atau logistic, konsep dasar manajemen persediaan ,system dan proseduri yang digunakan dalam memanage persediaan, strategi dan mekanisme kontrol terhadap stock logistic, hubungan yang sinergi antara unit produksi dengan unit logistic dan dengan unit distribusi.
MANAJEMEN PEMASARAN 3 SKS
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang saluran distribusin, konsep dasar distribusi, strategi yang digunakan dalam distribusi produk, perbedaan lingkungan pasar konsumen dan pasar bisnis, STP (segmentasi, targeting, dan positioning) serta bauran pemasaran sehingga mampu memahami konsep dasar pemasaran secara keseluruhan.
MANAJEMEN RESIKO 3 SKS
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang pemasaran, konsep dasar pemasaran, strategi yang digunakan dalam pemasaran, perbedaan lingkungan pasar konsumen dan pasar bisnis, STP (segmentasi, targeting, dan positioning) serta bauran pemasaran sehingga mampu memahami konsep dasar pemasaran secara keseluruhan.
MANAJEMEN RETAIL 3 SKS
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang perdagangan retail, konsep dasar pemasaran, strategi yang digunakan dalam perdagangan retail, perbedaan lingkungan pasar konsumen dan pasar bisnis, STP (segmentasi, targeting, dan positioning) serta bauran pemasaran sehingga mampu memahami konsep dasar pemasaran secara keseluruhan.
PERDAGANGAN INTERNASIONAL 3 SKS
Mata Kuliah ini mempelajari mengenai Perdagangan Internasional, jenis- jenis perdagangan internasional, penyebab terjadinya perdagangan internasional, persyaratan terjadinya perdagangan internasional dan pengaruh perdagangan internasional terhadap cadangan devisa negara dan perekonomian suatu negara.
SALESMANSHIP 3 SKS
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang Salesmanship, konsep dasar dari  salesman atau salesgirl termasuk didalamnya mengenai peran dan fungsi salesman dalam pencapaian tujuan peruhaan dalam penjualan , strategi yang digunakan dalam memasarkan,etika dan kepribadian sales, proses penjualan perseorangan . peluan dan peramalan atau proyeksi penjualan.
VISUAL MERCHANDISE 3 SKS
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang media komunikasi visual marchandise yang meliputi pengertian, fungsi, jenis, ukuran, konsep perancangan dan prosedur perancangan serta terampil merancang media komunikasi visual  sesuai dengan konsep dan prosedur perancangan.

 

DESKRIPSI MATA KULIAH D3 MANAJEMEN MICE
Bidding and Sponsorship (3 Sks)
Bidding & Sponsorship merupakan mata kuliah yang memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa mengenai persiapan mengikuti lelang serta menjelaskan langkah-langkah yang diperlukan untuk memenangkan lelang. Mata kuliah ini juga menjelaskan cara memperoleh sponsor serta membuat proposal sponsorship yang baik
Dasar – Dasar Akomodasi dan Restaurant (3 Sks)
Pengantar Akomodasi dan Restaurant merupakan mata kuliah yang memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman tentang fungsi dan posisi pemasok akomodasi dan restaurant dalam penyelenggaraan suatu event MICE. Topik mata kuliah ini meliputi proses pemberian rekomendasi penyewaan ruang/tempat event MICE, koordinasi penggunaan fasilitas ruang/tempat, ketentuan-ketentuan tentang ruang/tempat, pengamanan fasilitas ruang/tempat, kebersihan dan parkir, proses pembayaran jasa penyewaan ruang/tempat, dan administrasi penyewaan/penggunaan ruang/tempat
Design Kreatif dan Interior Usaha Jasa Mice (3 Sks)
Desain Kreatif Event merupakan mata kuliah yang memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa dalam merencanakan hingga membuat suatu desain event MICE yang kreatif dan tepat, membuat dekorasi yang menarik sebagai bagian penting dalam memberikan citra suatu event MICE yang memiliki identitas dan gambaran yang tepat mengenai event tersebut
Hukum, Etiket dan Protokol Event (3 Sks)
Mata kuliah ini membahas dan memberikan bekal tentang pengetahuan dan keterampilan etiket dan protokol, pengaturan tempat duduk VIP, pelayanan VIP, tata cara pengurusan undangan, penerimaan tamu, pelayanan hidangan, tata cara berpakaian, pengamanan khusus kepala negara dan pejabat tinggi negara, dan negara sahabat, pengaturan parkir kendaraan pejabat tinggi negara, pengaturan susunan acara pertemuan, konperensi, konvensi, dan pameran, dan pengaturan duduk dalam kendaraan berkenaan dengan event MICE
Kapita Selekta Mice (3 Sks)
Kapita Selekta Usaha Jasa MICE merupakan mata kuliah praktik pelaksanaan perjalananan MICE ke berbagai perusahaan dan stake holder terkait untuk mempraktikkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi event. Pembahasannya meliputi berbagai aspek terkait dengan penyelenggaraan sebuah event MICE melalui kunjungan ke perusahaan penyelenggara event MICE, perusahaan pemasok logistik dan akomodasi, dan lain
Kepesertaan Usaha Jasa Mice (3 Sks)
Kepesertaan Usaha Jasa MICE merupakan mata kuliah yang memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan mengenai kepesertaan Usaha Jasa MICE secara detail. Kepesertaan Usaha Jasa MICE mempelajari tentang aspek-aspek penting dalam merencanakan dan mengelola serta menentukan strategi dalam Kepesertaan Usaha Jasa MICE. Pembahasannya meliputi tujuan dan sasaran MICE, prosedur dan metode penyelenggaraan MICE (teknis dan non-teknis), tugas, tanggung jawab dan wewenang PEO, PCO, PITO, memanfaatkan kepesertaan secara maksimal, pelayanan kepesertaan MICE, promosi kepesertaan, promosi pengunjung dan kiat sukses bagi peserta MICE
Kewirausahaan (3 Sks)
Mata kuliah menjelaskan mengenai bidang kewirausahaan, entrepreneur. Mengembangkan mental dan pola kerja pribadi seorang wirausahawan, jiwa kepemimpinan, manajemen resiko dan pengawasan serta bagaimana mengindentifikasi peluang dalam usaha baru
Lalu Lintas dan Pelayanan Jasa Perbankan (3 Sks)
Mata Kuliah ini akan memberikan wawasan, pengetahuan dan penjelasan mengenai system lalu lintas pembayaran dan kegiatan bank dalam pelayanan jasa-jasa yang bank tawarkan kepada masyarakat dalam melakukan transaksi ekonomi, dengan memberikan gambaran dan pemahaman dasar mengenai apa saja jasa – jasa bank, mekanisme transaksi,instrument pembayaran, system,prosedur dan regulasi (aturan) yang berlaku dalam penyelesaian transaksi pembayaran dengan memberikan sample (contoh) transaksi ,alat (instrument) pembayaran dan system serta prosedur penyelesaian lalu lintas pembayaran
Manajemen Hospitalitas (3 Sks)
Manajemen Hospitalitas merupakan mata kuliah yang memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan mengenai keramahtamahan sesuai dengan konsep dasar dan ide hospitalitas, implementasi hospitalitas sebagai etos kerja, hubungan dengan industri pariwisata, industri MICE, dan proses; penentuan harga, negosiasi, penjualan, pelayanan; serta hospitalitas sebagai karakteristik kunci sukses pekerjaan pelaku industri MICE
Manajemen Keuangan Mice (3 Sks)
Manajemen Keuangan Event merupakan mata kuliah yang memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan mengenai manajamen keuangan event MICE, yang meliputi pengenalan berbagai istilah terkait keuangan event MICE, mengenai karakteristik manajemen keuangan event MICE, membuat anggaran, memproyeksikan alur kas sampai dengan membuat laporan keuangan pada event MICE serta mengenal audit pada laporan keuangan event MICE. Pembahasan dari mata kuliah ini meliputi rencana anggaran dan pembelanjaan, penawaran suatu event MICE, pembiayaan event MICE, management fee, salary, bonus dan komisi,pajak, cash flow, pencatatan atau pembukuan sampai dengan pembuatan pelaporan keuangan event
Manajemen Logistik Mice (3 Sks)
Manajemen Logistik MICE merupakan mata kuliah yang mengidentifikasi komponen-komponen dalam perencanaan logistik dan pengelolaan logistik pada suatu event MICE yaitu sejak proses pemilihan, tahap kerjasama sampai pada tahap supervisi pelayanan pemasok pada saat pelaksanaan event MICE. Pembahasannya meliputi konsep logistik pada event MICE, klasifikasi pemasok logistik, rekomendasi penyewaan logistik MICE, berbagai ketentuan logistik MICE, administrasi logistik MICE dan pembayaran logistik MICE
Manajemen Pemasaran MICE / Pemasaran Usaha Jasa MICE (3 Sks)
Mata kuliah Pemasaran Usaha Jasa MICE memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan untuk mengenal prospek usaha jasa MICE, memahami arti penting pemasaran dalam penyelenggaraan suatu event MICE, menganalisis permintaan pasar, mengenal berbagai bentuk pemasaran dan promosi sampai dengan membuat promosi kepesertaan MICE yang tepat serta membuat perencanaan kampanye periklanan MICE
Manajemen Penyelenggaraan MICE (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang  konsep dasar manajemen penyelenggaraan MICE , strategi yang digunakan agar tercipta sukses penyelenggaraan event MICE dan  profesionalisme SDM sebagai pelaku usaha jasa MICE , serta  dalam memasarkan, STP (segmentasi, targeting, dan positioning) dan bauran pemasaran sehingga mampu memahami konsep dasar Manajemen Penyelenggaraann MICE secara keseluruhan
Manajemen Produksi Mice (3 Sks)
Manajemen Produksi Event merupakan mata kuliah yang menjelaskan proses produksi pada suatu event MICE yang menjadi faktor-faktor penunjang keberhasilan suatu event yang diawali oleh perencanaan dan pertimbangan bisnis sebagai panduan dalam memproduksi suatu event yang dilanjutkan dengan menjelaskan langkah-langkah untuk merealisasikan ide-ide kreatif dalam struktur yang praktis dan dapat dieksekusi secara teknis
Manajemen Resiko MICE (3 Sks)
Manajemen Resiko Event merupakan mata kuliah yang memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan mengenai faktor-faktor resiko yang harus diantisipasi pada penyelenggaraan suatu event MICE dan dampaknya terhadap penyelenggaraan event MICE serta bagaimana mengembangkan rencana kontingensi, menangani resiko dan melaksanakan mitigasi pada suatu event. Pembahasannya meliputi pengertian manajemen resiko event, faktor-faktor resiko event MICE, berbagai dampak resiko event MICE, rencana penanganan resiko hingga melaksanakan mitigasi pada suatu event MICE
Manajemen Usaha Jasa Pameran (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang  konsep dasar usaha jasa  pameran , strategi yang digunakan dalam memasarkan, STP (segmentasi, targeting, dan positioning) serta bauran pemasaran sehingga mampu memahami konsep dasar usaha jasa pameran secara keseluruhan
Manajemen Usaha Jasa Perjalanan Intensif (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang  konsep dasar usaha jasa  MICE , strategi yang digunakan dalam memasarkan, STP (segmentasi, targeting, dan positioning) serta bauran pemasaran sehingga mampu memahami konsep dasar usaha jasa MICE  secara keseluruhan.
Manajemen Usaha Jasa PKA (3 Sks)
Manajemen Usaha Jasa PKA merupakan mata kuliah yang mendeskripsikan tahapan-tahapan dalam merencanakan Usaha Jasa PKA  dan faktor-faktor yang harus dipertimbangkan baik dalam perencanaan maupun pelaksaan event tersebut. Mata kuliah ini akan memberikan pengetahuan dan kemampuan  mengamati, mencerna secara praktis aplikatif serta memiliki  keterampilan dan keahlian yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan yang berkaitan dengan perencanaan, pengendalian dan pelaksanaan Pelayanan Meeting, Conference and Convention
Penanganan Barang MICE (3 Sks)
Mata kuliah ini memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan untuk mendapatkan pelayanan pengurusan barang pameran.  Topik ini meliputi pengenalan berbagai istilah dan pengertian yang berhubungan dengan teknis pengurusan barang pameran, meliputi bonded warehouse dan tujuannya, Perizinan yang diperlukan, Peranan faktor bea dan cukai, bill of leading atau airwaybill, proses pengeluaran barang pameran dari pelabuhan laut atau pelabuhan udara, Prosedur dokumen BC.2.3, Mengenal berbagai dokumen barang pameran, Proses dokumentasi atas barang pameran re-ekspor dengan menggunakan dokumen PEB dan BC.2.3, dan proses dokumen atas barang-barang ex-pameran yang tidak dire-ekspor dalam arti dibayar bea masuk dan pungutan impor lainnya
Pengantar Usaha Jasa MICE (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang  konsep dasar usaha jasa  MICE , strategi yang digunakan dalam memasarkan, STP (segmentasi, targeting, dan positioning) serta bauran pemasaran sehingga mampu memahami konsep dasar usaha jasa MICE  secara keseluruhan
Web Design dan Online Marketing (3 Sks)
Mata kuliah web desain dan internet marketing  adalah mata kuliah wajib dalam struktur kurikulum program studi D3 Manajemen yang diambil setelah lulus mata kuliah Pengantar Bisnis.  Mahasiswa diarahkan dapat memahami bagaimana mengelola sebuah situs web dengan baik yang berkaitan dengan internet marketing